AzYou's Notes

Tulisan iseng yang semoga bermanfaat

Installing Map Server Di CentOS

Hai.. hai.. disuruh belajar installing linux, web server, sama map server nih sama PM. Tapi biar gampang gue install aja GUI nya.. hehehe

kali ini gue mau bagi tentang installasi map server di linux CentOS 6.3, pertama sih agak sulit, tapi stepnya agak pendek koq udah banyak juga tutornya. Tapi berhubung gue suka lupa. yaa gue tulis aja deh.. hehehe, oke langsung aja

1. Install CentOS - nya dulu gan, gampang koq tinggal next2 aja. biar aman pake virtual dulu aja ya. kalo masih bingung nih link buat install CentOS, mumpung ada sobat blog juga yang nulis : http://2010220-if-unsika.blogspot.com/2012/11/tutorial-cara-instal-linux-centos-63.html.

2. Jika tahap instalasi OS sudah kelar, kita lanjut untuk menginstall Map Servernya. Download Filenya disini : http://www.maptools.org/fgs/index.phtml?page=downloads.html, kalo kita dengan windows biasanya kita menggunakan "ms4w" atau map server untuk windows. Sedangkan jika kita menggunakan linux kita memakai FGS (FOSS GIS Suite). Atau di terminal kamu ketik " wget http://dl.maptools.org/dl/fgs/releases/1.0/1.0.0/self-installers/fgs-mapserver_5.0.2-fgs_1.0.0-linux-i386.bin ".

3. Setelah proses download kelar, kita jalankan file installernya dengan mengetikkan " sh fgs-mapserver_5.0.2-fgs_1.0.0-linux-i386.bin " Oia, jangan lupa pake user root yaa.. caranya : ketik " su " diterminalnya.

4. Lalu tekan <enter> untuk memulai installasi.
5. Lalu masukkan path dimana kamu ingin menginstall, co: " /opt/fgs "
6. Masukkan TCP port yang kamu ingin gunakan, co: " 8080 "
7. Tinggal tunggu proses instalasi selesai deh.

Untuk menjalankan map servernya, kita harus start apchenya terlebih dahulu.

1. Masuk ke folder FGS yang kamu buat di point 5, " cd/opt/fgs " lalu <enter>
2. Lalu ketik " . setenv.sh " <enter>
3. Lalu ketik " fgs start " <enter>

Jika apache dan pgsqlnya tidak mau start, atau ada tulisan " bad ELF interpreter " maka kita harus menginstall atau upgrade package kita, dengan mengetik " sudo yum install glibc.i686 ", tunggu sampe proses installasi selesai lalu start kembali apachenya.

Setelah apache dan pgsql jalan, buka browser kamu. Gue sih pake rubah api.. hehehe

di link addressnya, ketik " http://serverkamu:port/cgi-bin/mapserv/ ". Jika tampil kata-kata
" No query information to decode. QUERY_STRING is set, but empty " .

Berarti kita sudah berhasil menginstall map servernya. Dan tinggal kita masukkan Engine MAP yang kita punya, bisa pake Openlayer atau PMapper, dll.

Udah dulu ya, mungkin nnti kalo gue udah lumayan jago lagi. gue akan bahas tentang Openn Layernya.. salam AzYou..


0 komentar: