AzYou's Notes

Tulisan iseng yang semoga bermanfaat

Elevator Pitch

Wow. mungkin ini adalah istilah yang masih asing, bagi kuping mahasiswa seperti saya. Saya yang kemarin baru saja seminar tentang "Technopreneurship" yang kebetulan saya jug yang jadi panitia dan berjalan dengan lancar alhamdulliah *lo ini mau curhat :).

Okey tadi curhat dikit, sekarang saya mau membahas tentang apa itu Elevator Pitch yang kemarin menjadi inti dari pembicaraan seminar. Inti dari Elevator Pitch adalah bagaimana anda menjadikan 30 menit menjadi 30 detik. Wow, Amazing, Awasome. Apa coba. Iya memang harus gitu, Elevator Pitch diibaratkan bagaimana anda yang merupakan seseorang pengusaha di dalam lift, dan waktu lift itu terbuka ternyata ada seseorang yang anda kenal sebagai  seorang hebat yang bisa menjadi Investor di dalam perusahaan anda tersebut.

Bagi anda yang bisa mengambil peluang. Otomatis anda akan menggunakan kesempatan tersebut untuk mendapat perhatian dari orang yang anda temui tersebut. mungkin dengan menjelaskan produk anda dan bagaimana anda akan merainya.

But, jika anda yang tidak bisa memanfaatkan peluang. Otomatis anda cuma bengong mungkin terpesona dan tidak bisa berkata-kata, lidah anda kaku dan gigi anda bergetar.. *alah lebay. :). Untuk menjadi seorang yang bisa memanfaatkan moment Elevator Pitch itu berikut tipsnya :

  1. Informasi yang ”memadai” Elevator pitch yang efektif adalah Berikan informasi yang memadai kepada orang yang anda temui itu, apa yang anda katakan minimal bisa membuat orang itu ingin tahu lebih banyak lagi.
  2. Mulailah sebuah percakapan, kebanyakan salah pengertian orang tentang elevator pitch adalah bahwa ini merupakan upaya menyelesaikan atau menutup penjualan. Hal inilah yang menyebabkan apa yang mereka lakukan menjadi tidak efektif. Ingatlah bahwa tujuan utama dari elevator pitch adalah ketertarikan pendengar dalam sebuah percakapan.
  3. Melihat dari Sudut pandang Pendengar, karena pada akhirnya pendengar andalah yang akan menentukan apakah apa yang anda sampaikan bermanfaat atau tidak bagi mereka dan seberapa besar manfaat itu.
  4. Singkat, padat, dan Tegas, ketiga elemen inilah yang menentukan sukses atau tidaknya sebuah elevator pitch. Singkat berarti informasi yang disampaikan dapat di keluarkan dalam waktu beberapa detik saja, padat berarti apa yang disampaikan adalah penting, dan tegas berarti informasi itu mengesankan keyakinan dan tidak ambigu atau menimbulkan banyak pertanyaan.
What Next ?
Enter the Technopreneur World, bagi teman-teman yang mau mecoba ke dalam technopreneur alangkah baiknya coba melatih diri untuk menguasai Elevator Pitch tersebut. salam AzYou..

sumber tips : http://bizresult.wordpress.com/sales-services/30-menit-dalam-30-detik/


0 komentar: