AzYou's Notes

Tulisan iseng yang semoga bermanfaat

Marhaban Yaa Ramadhan

Marhaban yaa Ramadhan...
Hai, kawan-kawan. bulan suci nan penuh berkah akan segera datang, mari kita sambut dengan penuh suka cita dan dengan kesiapan jiwa dan raga yang prima. Ada sedikit tips dari saya dalam menjalankan aktivitas di bulan ramadhan ini.

  1. Sahur di waktu akhir mendekati imsak. Makan sahur penting bagi kita untuk memperoleh cadangan energi dalam melakukan aktifitas keseharian. Bila tidak sahur seseorang akan mudah menjadi hipoglikimia dimana kadar gula dalam darah turun. Hal ini menyebabkan tubuh cepat menjadi lesu, loyo dan mengantuk, bahkan mudah marah. Dengan sahur mendekati imsak otomatis kita tidak akan terlalu lemas ketika di siang harinya, karena kita bisa menyimpan tenaga lebih lama daripada sahur di waktu yang jauh sebelum imsak.
  2. Menjaga kebersihan mulut dan gigi. Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Oleh sebab itu kita harus mengsosok gigi setelah makan sahur ya.
  3. Tidur disiang hari. Bagi yang masih sekolah dan tidak terlalu banyak kegiatan, mungkin dari pada kita main diluar dan bisa mengancam batalnya puasa kita, mungkin lebih baik kita tidur untuk menjaga stamina tubuh kita, tapi juga terlalu banyak tidur ya. Nanti dibilang kebo lagi. :)
  4. Berolah raga di bulan ramadhan. Salah satu penyabab cepat lelah ketika puasa adalah kebiasaan yang salah ramai-ramai berolahraga sehabis sahur, biasanya sih waktu kecil tuh seneng banget kaya gitu :). Waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah beberapa jam (1-2 jam) menjelang berbuka puasa dan dianjurkan tidak melakukan olahraga yang terlalu berat. Yang ringan-ringan aja.
  5. Menyegerakan berbuka puasa. Segeralah berbuka dengan makanan yang manis (korma) dan secukupnya. Teh manis juga boleh kalau tidak ada kurma, makanan atau minuman yang manis lebih baik untuk usus yang kosong dan lebih cepat diubah menjadi energi.
  6. Jangan makan terlalu banyak waktu berbuka. Makan secukupnya, jangan terlalu banyak makan ketika berbuka karena akan ngantuk terus lupa taraweh deh :).
Mungkin segitu tips dari saya, semoga lancar ya ibadah puasanya.. salam AzYou..

0 komentar: