AzYou's Notes

Tulisan iseng yang semoga bermanfaat

6 Pertanyaan Imam Ghozali

Imam Ghozali pada suatu riwayat pernah menanyakan beberapa pertanyaan kepada anak muridnya, yaitu sebagai berikut :

1. Apa yang paling dekat dengan kita ? Muridnya menjawab dengan berbagai jawaban, ada yang bilang tetanggga, Keluarga, Kerabat dll. Imam Ghozali membenarkan semua jawaban muridnya, tapi dia bilang jawaban yang sebenarnya adalah "Kematian". Kenapa kematian, karena setiap orang itu tidak tahu dimana ajal akan menjemputnya, kematian akan selalu mengintai kita.

2. Apa yang paling jauh dari kita ? Muridnya menjawab dengan berbagai jawaban, ada yang bilang Cina, Bulan, Matahari, dll. Imam Ghozali membenarkan semua jawaban muridnya, tapi dia bilang jawaban yang sebenarnya adalah "Masa Lalu". Kenapa masalalu, karena setiap orang tidak akan bisa kembali ke masalalu dengan kendaraan apapun,  Ada sebuah ayat Al-Qur'an yang menyebutkan Gunakanlah 5 kesempatanmu sebelum 5 kesulitanmu datang.

3. Apa yang paling ringan di dunia ? Muridnya menjawab dengan berbagai jawaban, ada yang bilang Kapas, Angin, debu bahkan Daun. Imam Ghozali membenarkan semua jawaban muridnya, tapi dia bilang jawaban yang sebenarnya adalah "Meninggalkan Sholat". Kenapa meninggalkan sholat, karena Sholatlah yang paling sering kita tinggalkan dalam hidup kita. Kita sering melalaikan sholat karena kesibukan duniawi, sehingga meniggalkan sholat kita anggap sesuatu yang remeh, tapi faktanya tidak seremeh itu. semua itu ada balasannya nanti.
4. Apa yang berat di dunia ? Muridnya menjawab dengan berbagai jawaban, ada yang bilang Baja, Besi, bahkan Gajah. Imam Ghozali membenarkan semua jawaban muridnya, tapi dia bilang jawaban yang sebenarnya adalah "Memegang Amanah". Kenapa Memegang Amanah, karena amanah adalah tanggung jawab yang diserahkan kepada kita, dan nanti jika kita tidak bisa memegang amanah tersebut kita akan di mintai pertanggung jawaban di depan Tuhan.

5. Apa yang paling tajam di dunia ? Muridnya menjawab dengan serempak, "Pedang". Imam Ghozali membenarkan semua jawaban muridnya, tapi dia bilang jawaban yang sebenarnya adalah "Lisan Kita". Kenapa Lisan Kita, karena Lisan Kita itu bisa lebih menyakiti hati manusia, kalau hanya pedang masih bisa diobati, tapi kalau lisan yang berbicara belum tentu bisa terobati.. :)

6. Apa yang paling besar di dunia ? Muridnya menjawab dengan berbagai jawaban, ada yang bilang Gunung, Matahari, bahkan Bumi. tapi dia bilang jawaban yang sebenarnya adalah "Hawa Nafsu". Karena setiap manusia itu kebanyakan selalu mengikuti hawa nafsu yang tidak pernah puas dengan apa yang kita dapatkan. Jadi jangan sampai hawa nafsu kita membawa kita ke neraka.
Sekian nih pelajaran agama yang bisa di share, materinya sih tadi dapat pas sholat jum'at..:D

0 komentar: