AzYou's Notes

Tulisan iseng yang semoga bermanfaat

Data Warehouse

Pelajaran ini baru gue dapet nih, pelajaran mengenai konsep pengumpulan data dari berbagai tempat dikumpulankan menjadi satu di tempat yang terpusat. Biar engga tambah bingung dengan penjelasan gue, mending kita lihat penjelasan dari sumber yang terpecaya, :) katanya kaya gini :

" data warehouse merupakan metode dalam perancangan database, yang menunjang DSS(Decission Support System) dan EIS (Executive Information System). Secara fisik data warehouse adalah database, tapi perancangan data warehouse dan database sangat berbeda. Dalam perancangan database tradisional menggunakan normalisasi, sedangkan pada data warehouse normalisasi bukanlah cara yang terbaik. " ( myhut.org/public/datawarehouse.doc )

Yang jadi pertanyaan kenapa data warehouse tidak baik jika dinormalisasi ?, jawabannya pasti Karena, "ya karena apa?" , Penjelasannya karena Data Warehouse didapat dari berbagai sumber yang menggunakan Menggunakan DBMS dan Field-field yang sama artinya tapi beda nama, lho ?, maksudnya ?, ya seperti misalkan seseorang diinstansi publik lain menggunakan istilah P untuk "Pria" dan W untuk "Wanita", tapi Di intansi lain men ggunakan Puntuk "Perempuan" dan L untuk "Laki-laki" nah, disini bisa jadi salah artian di dalam database nanti. Dan jika timbul trasitive depedensi, partial depedensi, dkk maka tidak mungkin kita harus menormalkannya satu-satu karena kita mempunyai beribu-beribu data yang harus di ETL-kan.

Dan cara lain untuk memecahkan masalah dalam konsep Data Warehouse ini adalah Denormalisasi kebalikan dari Normalisasi, bisa mabok programer katanya kalo kita normalisasi dalam konsep data warehouse....hehehe

nih, baru pengertiannya aja, nanti saya akan share lagi ya di waktu yang berbeda dan tempat berbeda... :)

0 komentar: