AzYou's Notes

Tulisan iseng yang semoga bermanfaat

Pembelajaran Dari Arti Komunikasi

Banyak orang yang sudah melupakan hati nuraninya bahkan untuk saudaranya sendiri sebangsa, seagama, dll. Mereka makin disibukkan oleh semua urusan dunia. Tadi gue belajar IS katanya yang paling penting dalam hidup kita tuh komunikasi. Ada beberapa teori yang bisa kita pelajari salah satunya "Saya ambil yang paling baikmenurut dosen saya " yaitu :

Teori Komunikasi Joseph A Devito :
Adanya keterbukaan(openess), kesamaan(equality), empati (empathy), dukungan (supportif) dan positif(positiveness )

Penjelasannya sih sebagai berikut,
1. Openess adalah keterbukaan antara Individu satu dengan yang lain, kita harus membuka diri terhadap siapapun jangan menjadi orang yang kuper. :)
2. Equality adalah kesamaan yang bisa membuat suatu ketertarikan seseorang kepada individu lain, mungkin dari kesamaan hobi, dll. 
3. Empathy adalah sauatu perasaan yang bisa membuat seseorang merasakan penderitaan orang lainnya sehingga menimbulkan rasa kasih dan mengasihi.
4. Supportif adalah dukungan baik moral ataupun fisik, dengan mendukung seseorang maka orang mendapat dukungan tersebut mearasa dirinya diperhatikan sehingga akan menimbulkan semangat kebersamaan.
5. Positiveness adalah perilaku kita yang bisa membuahkan hasil-hasil yang positif terhadap orang lain, sehingga tidak merugikan orang lain.

Mungkin itu yang bisa saya petik dari pelajaran yang tadi saya dapat dalam Interpersonal Skill siang tadi, semoga bermanfaat ya dan bisa diterapkan pada diri masing-masing.

0 komentar: